Friday, January 4, 2019

Bagaimana cara agar kuku terhindar dari cantengan?

Bagaimana cara agar kuku terhindar dari cantengan?
Kuku yang bersih dan sehat serta terhindar dari kondisi bau pasti menjadi hal yang diharapkan oleh setiap orang. Cuma ada kalanya baik karena alergi maupun efek adanya kotoran dari luar biasanya kondisi cantengan bisa saja terjadi.

Agar terhindar dari kondisi semacam itu, berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan:

1. Jaga kebersihan kuku
Untuk hal yang satu ini, biasakanlah setelah beraktivitas untuk membersihkan area jari kaki dam kuku dari kotoran. Misalnya, setelah aktivitas basah-basahan dan becek-becekan di luar rumah maka pastikanlah kondisi kuku kaki terbebas dari tanah, debu atau kotoran lainya yang terselip di kuku khususnya kuku jempol kaki.

Setelah kotoran dibersihkan, maka bersihkan dengan sabun dan bilaslah dengan air yang mengalir.

2. Rendam kaki sebelum potong kuku
Nah, jika tiba saatnya untuk memotong kuku ada baiknya untuk melakukan merendam kaki pada air. Air yang digunakan adalah air hangat. Efek yang akan timbul tentunya kuku tersebut akan jadi lebih lunak, coba deh. Jika kuku telah lunak maka akan lebih mudah lho untuk dilakukan pemotongan tanpa adanya meninggalkan serpihan potongan yang tak rapi (runcing) yang kadang menusuk kulit di area kuku dan membuat tak nyaman.

3. Potong kuku dengan benar
Saran yang perlu dilakukan saat memotong kuku adalah jangan memotong kuku terlalu pendek, itu yang pertama. Lalu, jangan pula memotong kuku dengan membentuk sudut-sudut runcing dipinggirannya. Biasakan untuk memotong kuku memakai pemotong kuku yang gak tumpul (pisaunya tajam) dan hindarilah menggunakan gunting konvensional karena sulit merapikan khususnya di area samping kuku.

4. Gunakan alas kaki dengan benar
Pilihlah sendal, sepatu dan kaos kaki yang tidak terlalu sempit. Selain karena faktor kenyamanan, pilihan alas kaki yang sesuai ukuran juga agar menghindari penekanan pada kuku. Penekanan ini bisa mengakibatkan cantengan.

Ok, semoga dengan tips tersebut diatas bisa membantu kita terhindar dari cantengan. Ingat selalu, bahwa mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment