Tuesday, December 11, 2018

Bagaimana cara menyimpan bahan makanan agar tetap fresh selama di kulkas?


Bagaimana cara menyimpan bahan makanan agar tetap fresh selama di kulkas?

Kulkas atau lemari es adalah salah satu alat rumah tangga yang vital sekarang ini. Ada banyak varian kulkas dan harganya pun sudah cukup terjangkau. Terlepas dari itu semua, kegunaannya yang sangat membantu dalam menjaga makanan dan bahan makanan agar tetap fresh merupakan keunggulan utamanya.

Namun, sudah tahukah kalian tentang berapa lama waktu terbaik dalam penyimpanan bahan makanan, berikut adalah ulasannya:

1. Telur
Bahan makanan yang satu ini sering kita masukan ke dalam kulkas. Telur pun memiliki tempat khusus di dalam kulkas. Ok, berikut adalah penjelasan tentang lama telur untuk disimpan di dalam kulkas:
- Telur matang, cukup disimpan dalam waktu < 1 minggu.
- Telur mentah, dapat tahan hingga waktu 1 bulan.
- Kuning dan putih telur (tak dalam keadaan utuh), harus disimpan di freezer.

2. Daging unggas
Daging ini biasanya berupa daging ayam maupun bebek. Apabila kita menaruh daging unggas yang masih mentah ke dalam kulkas, maka parameter yang harus di perhatikan adalah temperatur atau suhunya. Jadi, jika kita ingin daging tersebut tahan dalam waktu yang lama (1 tahun misalnya) maka setting suhunya diatur pada suhu - 17° celsius dan ditempatkan di freezer. Sedangkan umumnya pada suhu sekitar 4° celsius, daging unggas ini hanya bertahan sekitar 3 hingga 4 hari saja.

3. Daging merah
Daging merah pada dasarnya hanya bertahan pada jangka waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 5 hari saja. Namun, saat daging ini dibekukan maka bisa bertahan hingga 12 bulan. Lalu,  untuk daging merah yang sudah matang bisa bertahan selama 3 hingga 4  hari di dalam kulkas dan 2 hingga 6 bulan jika ditempatkan di dalam freezer.

4. Daging giling
Jenis daging ini biasanya berupa daging sapi dan daging babi. Jenis bahan makanan ini umumnya di simpan dalam kulkas hanya sampai 5 hari saja. Namun, jika dilakukan pembekuan, tentu akan bisa bertahan lebih lama yakni hingga sekitar 4 bulan.

No comments:

Post a Comment