Sunday, December 9, 2018

Bagaimana cara cepat mengusir flu dan batuk dalam semalam?

Bagaimana cara cepat mengusir flu dan batuk dalam semalam?

Kalau sudah memasuki musim pancaroba, hal yang biasanya terjadi pada badan adalah demam, 'nggreges',  panas dingin dan sebagainya. Hal semacam ini tentunya sungguh sangat tidak nyaman bukan? Rasanya ingin buat segera sembuh dan kembali bebas beraktivitas. Biasanya kondisi semacam itu merupakan indikasi awal terjangkitnya flu dan batuk.

Seperti kita ketahui bahwa flu merupakan infeksi ringan yang terjadi pada hidung, tenggorokan, saluran sinus dan saluran pernapasan khususunya bagian atas yang disebabkan oleh virus. Indikasi yang terlihat dari penderita flu & batuk biasanya suaranya serak. Untuk mengatasi gejala flu dan batuk secara cepat, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Istirahat cukup
Dengan istirahat yang cukup maka akan menjaga kualitas imunitas tubuh agat tetap terjaga kebugarannya dalam menghadapi serangan virus. Saat kondisi badan sedan turun dan kurang fit maka perbanyaklah istirahat demi badan agar tetap sehat.

2. Banyak minum air putih
Pernah mendengar istilah postnasal drip? Ini adalah kondisi yang disebabkan karena flu dan batuk. Jadi, banyak lendir atau ingus dan cenderung berlebih yang terkumpul di tenggorokan. Bila kita banyak minum air putih  maka akan menipiskan lapisan lendir yang disebabkan oleh postnasal dip tadi karena selapit tersebut terjaga tetap lembab. Jangan sampai tubuh dibiarkan dehidrasi ya. Selain air putih,  madu dan juga teh hangat juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat kondisi seperti ini.

3. Minum obat batuk
Ini adalah langkah awal dari usaha penyembuhan yang cukup efektif kinerjanya. Tentu bila dibarengi dengan istirahat yang cukup. Pilihlah obat batuk yang viscosity nya cukup kental. Bisa dari sachet maupun botolan. Baca aturan pemakaian dan dosis takaran yang diperlukan sebelum mengonsumsinya.

4. Mandi atau berendam air hangat
Jika kepala sudah terasa pening dan badan mulai terasa gak enak namun kondisi mengharuskan kita untuk mandi, maka jangan ambil resiko dengan mandi air dingin. Mandilah dengan air hangat, bila perlu tambahkn sedikit garam agar efek yang didapatkan badan lebih terasa nyaman.

5. Makan permen pelega tenggorokan
Permen ini kadang dikenal sebagai permen lozenges. Kandungan menthol pada permen ini berkhasiat melegakan tenggorokan dan juga meredakan hidung yang tersumbat. Batuk pun menjadi berkurang dan tenggorokan terasa lebih plong.


No comments:

Post a Comment