Saturday, November 24, 2018

Bagaimana trik agar otak gak lemot?

Bagaimana trik agar otak gak lemot?

Pernahkah suatu saat kalian merasa otak menjadi lemot, telat mikir dan susah berkonsentrasi padahal sebelumnya baik-baik saja? Nah, ulasan berikut adalah penyebab dari masalah otak yang jadi lemot yang mungkin tidak kita sadari. Agar otak bisa terus bekerja secara optimal, berikut adalah hal-hal yang mesti dihindari:

1. Rajin berolahraga
Dengan berolahraga tentu peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar, termasuk ke otak. badan pun menjadi segar dan bugar. Dengan rutin berolahraga misalnya selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali saja dalam seminggu akan tetap menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga kita bisa bekerja dengan fokus dan bebas dari lemot. Benar lah pula kata pepatah, men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

2. Jangan terlalu stress
Banyaknya tekanan hidup baik dalam bekerja, urusan keluarga, urusan rumah tangga, urusan bisnis dan lain-lain juga akan berdampak pada lemotnya otak. Agar kinerja organ yang bernama otak ini tetap efektif, maka kurangilah bahkan hindarilah stress ini dengan banyak legowo, sabar, pikiran positif, dan perbanyak beribadah serta sering-seringlah refreshing.

3. Jangan kurang tidur
Suka begadang sampai larut malam bahkan sampai dini hari bahkan hingga tak tidur lagi juga menyebabkan menurunnya kinerja otak. Bagaimanapun, otak sama halnya dengan organ tubuh manusia yang lain memiliki jam biologis dan perlu istirahat. Kurangnya tidur juga akan berakibat pada kurangnya suplai oksigen ke otak. Hal inilah salah satu penyebab dari kita kadang sulit untuk berkonsentrasi.

4. Jangan konsumsi gula berlebihan
Tingginya konsumsi gula memang tak baik untuk kesehatan tubuh. Sebut saja diabetes, adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan salah satunya oleh hal ini. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebihan juga akan berefek pada penurunan kineja otak. Mungkin kita bertanya-tanya, kok bisa ya? Jadi kondisi tersebut dikarenakan terganggunya penyerapan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan otak sehingga nutrisi yang menuju otak jadi tak mencukupi.

5. Sering melatih otak
Males-malesan atau terlalu nyantai yang terlalu sering juga gak baik juga lho. Apabila otak jarang dilatih, maka ia akan sulit ketika diajak untuk berpikir keras. Untuk menghindari hal ini, makanya kita sering mendengar yang namanya olahraga asah otak. Biasanya berupa teka-teki silang (TTS), game asah otak, catur, puzzle dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment