Tuesday, March 8, 2016

Bagaimana cara melamar pekerjaan di jaman sekarang?

Bagi kalian yang sudah menuntaskan masa studi pasti akan terpikirkan untuk mencari kerja, kecuali bagi yang berniat untuk membuka usaha mungkin tidak terlalu memikirkan hal ini. ngomong-ngomong sebenarnya apa saja sih metode rekrutmen karyawan di jaman sekarang? Yuk kita bahas bareng.


1. Surat-menyurat

Bisa jadi ini adalah salah satu metode paling klasik. Surat-menyurat yang dimaksudkan di sini bisa surat via pos maupun via email. Biasanya ada info tentang rekrutmen atau lowongan kerja di koran, internet, web perusahaan dan lain sebagainya. Dan kita disyaratkan untuk mengirimkan berkas-berkas yang diminta via surat (pos maupun elektronik) saat melamar pekerjaan tersebut.


2. Ikut Jobfair

Bursa kerja atau jobfair merupakan salah satu sarana yang cukup memudahkan para pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Karena pencari kerja bisa dihadapkan dengan berbagai pilihan perusahaan yang membuka lowongan secara bersamaan di satu waktu dan satu tempat. Sehingga pencari kerja bisa langsung applying job. Biasanya ada perusahaan dalam jobfair yang langsung melakukan proses seleksi karyawan namun ada juga perusahaan yang tidak melakukan penyeleksian karyawan di waktu yang sama.

3. Buat akun di web penyedia jasa lapangangan kerja
Web atau situs pencari kerja memberikan beragam pilihan pekerjaan untuk banyak jenjang, baik untuk fresh graduate maupun sudah berpengalaman, baik di luar maupun dalam negeri, dan kadang berikut disertakan informasi gajinya. Dengan membuat akun di situs ini, pencari kerja akan secara rutin mendapatkan info lowongan kerja sesuai yang dia inginkan untuk selanjutnya melakukan apply job. Berikut adalah beberapa situs pencari kerja populer yang mudah diakses oleh para pencari kerja:
a. id.jobstreet.com
b. id.jobsdb.com
c. monster.co.id
d. karir.com
e. jobindo.com
f. kompaskarier.com, dan lain-lain

4. Join di lembaga karir kampus
Banyak kampus di indonesia yang memiliki web carrier development center yang menjadi mediator bagi pencari kerja dengan perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Sebut saja UGM dengan ECC UGM nya. Dengan mengakses ecc.ft.ugm.ac.id, kita bisa mendapatkan info lowongan dan melamar pekerjaan via web tersebut. Kampus lain juga mempunyai hal yang sama misalnya CDC UI (Universitas Indonesia), CDC UNS (Universitas Sebelas Maret), UCC (Undip), CEAC (Unsoed), UPKK (Universitas Brawijaya), SAC (ITS), dan lain-lain.


5.  Buat akun LinkedIn

Seperti kita tahu bahwa jejaring sosial yang satu ini merupakan jejaraing sosial bagi kalangan profesional. Banyak persahaan menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan untuk dipekerjakan diperusahaan mereka. Melalui LinkedIn ini kita bisa 'menjual diri' tentang kemampuan kita, karena recruiter dan pencari karyawan banyak yang mencari referensi dari situs ini.

Mungkin ada info tentang cara yang lain? Mari di share disini.

No comments:

Post a Comment