Monday, March 7, 2016

Bagaimana Cara Praktis Mengetahui Akreditasi Prodi Perguruan Tinggi?

Saat akan memilih jurusan atau program studi kuliah di suatu kampus atau universitas tentu kita akan memilah prodi mana yang berkualitas. Salah satu indikator kualitas dari sebuah prodi kampus adalah dengan melihat nilai akreditasi dari prodi tersebut. Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk mengetahui nilai akreditasi suatu prodi secara cepat, dengan rincian data yang cukup lengkap dan yang paling penting yaitu up to date. Selain itu, kita juga bisa mengetahui apakah prodi tersebut sudah terakreditasi atau belum dan apakah akreditasi suatu prodi sudah kadaluarsa atau masih berlaku. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka web
Web yang dimaksud di sini adalah web milik Kemdiknas, yaitu melalui BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Web itu adalah ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.

2. Pilih kriteria prodi yang diinginkan
Kriteria yang dimaksud di sini adalah meliputi kopertis wilayah, jenjang atau tingkatan misalnya Diploma (D1,D3), Sarjana (S1), Pasca Sarjana dan seterusnya, lalu nama perguruan tinggi yang dimaksud, program studi dan lain-lain, lalu klik 'cari'. Berikut adalah ilustrasinya jika kita memasukan tingkat S1, nama perguruan tinggi Universitas Gadjah Mada, jurusan manajemen:
Proses searching

Dari pengisian form tersebut akan menghasilkan tampilan sebagai berikut:

Hasil pencarian

Dimana dari gambar tersebut bisa kita ketahui bahwa untuk prodi Strata 1 manajemen, manajemen hutan dan manajemen sumber daya perikanan di kampus UGM memiliki nilai akreditasi A, dengan status masih berlaku sampai dengan tanggal kadaluwarsa masing-masing , dengan SK yang tertera diatas.

3. Cara lain
Bagi kalian yang ingin mencari tau akreditasi dari semua prodi di suatu kampus, berikut adalah tahapan yang perlu dilakukan:
a. Masuk ke web BAN-PT di atas.
b. Isi nama kampus yang kamu inginkan (abaikan kolom isian yang lain)
Mencari tahu nilai semua akreditasi prodi pada 1 kampus

Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:
Tampilan akreditasi kampus UNSOED
Cukup mudah bukan? Selanjutnya, kalian bisa mecobanya dengan mengisinya dengan kampus yang kamu inginkan. 

No comments:

Post a Comment