Tuesday, March 8, 2016

Bagaimana Panduan Naik Pesawat Penerbangan Domestik Untuk Pertama Kali

Banyak orang yang tertarik memotret awan saat pertama kali terbang

Melakukan perjalanan menggunakan alat transportasi udara berupa pesawat bukan lagi hal yang mahal. Moda transportasi ini memiliki banyak pilihan maskapai dengan berbagai tarif. Untuk melakukan penerbangan menggunakan pesawat cukup berbeda jika dibanding moda transportasi yang lain seperti bus dan kereta. Maka dari itu, bagi pemula atau yang belum pernah melakukan perjalanan menggunakan pesawat akan menemukan kebingungan jika tidak ada gambaran prosesnya. Berikut adalah sedikit panduan melakukan penerbangan menggunakan pesawat:

1. Beli Tiket
Pembelian tiket bisa dilakukan melalui web resmi maskapainya dengan mengisi form departure dan destination serta waktu keberangkatan untuk selanjutnya memilih no penerbangan yang sesuai. Hal yang sama dilakukan melalui situs penjualan tiket semacam traveloka, tiket.com, utiket, tiket2.com dan lain-lain. Selain itu, kita juga bisa membeli tiket tersebut di travel-travel agent yang ada di sekitar kita. Selain itu kita juga bisa melakukan pembelian tiket di loket ticketing di bandara.

2. Datang ke bandara/airport
Datanglah ke bandara 2 jam sebelum waktu flight. Untuk wilayah jabodetabek dan sekitarnya disediakan shuttle bus damri yang memiliki tujuan ke bandara soekarno hatta dengan harga yang relatif terjangkau. Sedangkan di Medan, sarana transportasi menuju bandara Kualanamu sudah terhubung dengan kereta. Hal semacam ini akan memudahkan kita untuk menuju bandara.

3. Pilih terminal
Saat sampai di bandara, turunlah di terminal yang sesuai dengan tujuan keberangkatan kita. Terminal mana yang mesti kita pilih bisa dilihat di tiket kita masing-masing. Misalnya, jika kita akan terbang menggunakan airasia dari jakarta (CGK) menuju jogjakarta (JOG) maka terminal yang mesti kita datangi adalah terminal 3. Karena untuk terminal yang lain akan melakukan penerbangan untuk maskapai lain. Dan untuk bandara soetta jarak antar terminal cukup jauh, maka jangan sampai keliru ya!

4. Check in
Lakukanlah proses check in. Untuk jaman sekarang, mobile check in bisa dilakukan via hp masing-masing dengan memilih option check in pada web maskapai dan ikuti instruksi selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan melalui mobile application masing-masing maskapai, lalu bisa self check in di counter bandara, maupun bisa minta bantuan ke petugas maskapai yang sesuai di bandara sambil menunjukan id card kita. Saat memasuki bandara, barang kita akan di cek melalui conveyor, sedangkan kita berjalan di pintu yanh ada metal detectornya. Jika barang yang kita bawa terlalu banyak atau berukuran besar maka barang tersebut akan diminta untuk masuk ke bagasi tersendiri. Bila jumlahnya masih di sekitar 15-20 kg umumnya maskapai akan melakukan free charge. Namun, jika berat barang lebih dari angka tersebut kita akan dikenai charge dengan hitungan tiap kilogramnya. Jika barang yang dibawa dalam jumlah sedikit, maka barang tersebut akan bisa kita bawa masuk ke pesawat dan ditaruh di bagasi kabin.

5. Boarding
Menuju ke tempat boarding, barang kita akan kembali di cek melalui conveyor sekaligus dilakukan pengecekan tiket. Disini kita kembali berjalan di pintu tersendiri yang mana terdapat metal detector. Selanjutnya kita bisa duduk di sekitar gate yang sesuai dengan no penerbangan pesawat kita sambil menyimak informasi baik visual (via monitor),  maupun via audio dari operator yang akan memberitahu status penerbangan pesawat kita.

6. Masuk pesawat
Setelah nama maskapai dan no penerbangan kita disebutkan, maka operator akan memanggil kita untuk masuk ke pesawat. Pilihlah tempat duduk sesuai tiket. Taruhlah barang di bagasi kabin dan ikutilah instruksi pramugari/a yang akan menerangkan standar keamanan di pesawat dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk berdoa dan bersiaplah untuk terbang.

No comments:

Post a Comment