Saturday, August 4, 2018

Bagaimana penjelasan bahwa tidur dengan lampu menyala memberikan efek buruk bagi kesehatan?

3 Alasan tidur dengan lampu menyala memberikan efek buruk bagi kesehatan

Tidur adalah waktu dimana seseorang mengistirahatkan seluruh anggota tubuhnya. Maka dari itu diupayakan agar tidur itu harus berjalan dengan nyaman dan berkualitas. Dalam mencapai kenyamanan dalam tidur ada orang yang terbiasa tidur dengan menggelapkan lampu, namun ada juga yang harus tetap menyalakan lampu. Kali ini akan dibahas mengenai efek buruk dari tidur dengan kondisi lampu menyala, berikut uraiannya:

1. Kerja Hormon Terhambat
Hormon melatonin adalah hormon yang dimunculkan tubuh saat kita sedang tidur. Adapun fungsi dari hormon ini yaitu merilekskan otot dan juga untuk membantu mengontrol mood. Hormon tersebut aktif bekerja saat dalam keadaan gelap. Apabila seseorang tidur dalam keadaan terang atau lampu dalam kondisi menyala  maka yang terjadi adalah kinerja hormon ini terganggu sehingga dampak yang akan ditimbulkan adalah efek otot yang tegang dan juga mood yang kurang baik.

2. Adanya potensi kanker
Selain yang disebutkan pada no satu diatas, fungsi lainnya dari hormon melatonin ini adalah ikut berperan dalam mencegah kanker didalam tubuh. Kerja hormon dalam mencegah kanker juga akan terganggu jika tidur dalam kondisi lampu menyala.

3. Metabolisme yang terganggu
Biasanya orang yang tidur dalam kondisi lampu menyala akan memiliki potensi obesitas atau kegemukan yang cenderung lebih besar. Hal demikian bisa terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolismenya.

Dengan informasi tersebut kedepannya kita diharapkan lebih bijak dalam menentukan pilihan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selamat nencoba!

No comments:

Post a Comment