Sunday, May 15, 2016

Bagaimana menentukan jenis karir yang tepat?




Pernah mendengar istilah "job for life" ? Dari sinilah kita akan menentukan dan memulai di mana kita akan habiskan banyak waktu  dari kehidupan serta  menentukan berapa besar keterampilan yang akan kita kerahkan hanya untuk sesuatu yang disebut bekerja, yang pada akhirnya bertujuan untuk menghidupi kehidupan diri kita sendiri. Berikut adalah beberapa langkah bijak dalam menentukan karir yang tepat:

1. Mulailah dengan menentukan apa yang kita ingin lakukan
Banyak orang melihat ke orang lain untuk menentukan jalur karir mereka: guru, orang tua, tetangga, dan lain-lain. Luangkan waktu untuk memetakan keinginan dan sesuai kemampuan kita dengan melihat keterampilan yang secara aktif dicari di dalam bidang pekerjaan tertentu.

2. Identifikasi keterampilan yang kita gunakan saat sedang melakukan hal yang kita sukai
Lihatlah hal-hal yang sudah kita selesaikan dan sering kita lakukan. Dari sini akan terlihat indikasi dari apa yang cenderung kita sukai. Setelah kita mengidentifikasi bidang yang potensial, maka kita siap untuk mencocokkannya dengan keahlian yang kita punya.

3. Think of field broadly
Misalnya, jika kita belajar teknik, kita mungkin mempertimbangkan menjadi seorang insinyur di lapangan (seperti produksi minyak), seorang manajer dari sebuah web, manajer kantor, pelatih keterampilan teknik dan konsultan di bidang teknik. Atau, jika kita belajar hukum, kita  mungkin ingin menjadi seorang pengacara di sebuah firma hukum yang besar, seorang pengacara di sebuah organisasi non-profit, seorang leader tim di kantor jenis apapun (bahkan non-hukum sekalipun).
  
4. Pertimbangkan cross-field work 
Ya, mempertimbangkan kerja lintas bidang. Misalnya, banyak guru yang sangat baik dengan keterampilan word skill nya dan karena itu ia membuat editor yang sangat baik dan menjadi publisher.  Think outside the square your title bestows (or will bestow) upon you. 

5. Pelajari sebanyak mungkin tentang kualifikasi yang dibutuhkan untuk bidang yang kita minati. 
Menggali lebih dalam dan melihat kebutuhan pasar adalah salah satu prasayarat untuk kesiapan mnghadapi masa depan yang lebih cemerlang.

6. Temukan orang yang bekerja di field yang sama dan banyak belajarlah dari mereka.  
Berbicara dengan mereka yang sudah bekerja dengan banyak pengalaman akan memungkinkan bagi kita untuk mendengar saran-saran dari mereka. 

7. Mengevaluasi pilihan yang kita pilih lalu menyesuaikannya dengan persepsi sendiri dan informasi-informasi yang telah kita kumpulkan. 
Sekarang ini adalah waktu untuk memutuskan apakah karir ini terus menarik bagi kita. Jangan lupa untuk menyertakan jenis gaya hidup yang ingin kita pilih kedepannya. Dengan demikian, akan bijaksana untuk mencoba menggabungkan pilihan karir dengan keseimbangan gaya hidup kedepan yang akan kita jalani.

No comments:

Post a Comment