Tuesday, May 17, 2016

Bagaimana tips sederhana untuk meredakan stres?

6 Tips sederhana merilekskan badan untuk mengurangi stres

Stres merupakan perasaan sedang berada dibawah tekanan baik mental ataupun emosional namun dalam porsi terlalu besar. Tekanan menjadi stres ketika kita merasa tidak mampu mengatasinya. Setiap orang bereaksi berbeda terhadap stres dan mengalami stres yang berbeda. Hal penyebab stres umumnya masalah pekerjaan, uang dan relationship. Tanda-tanda umum dari stres termasuk kecemasan, berpikir terlalu mengkhawatirkan sesuatu, susah tidur, berkeringat, kehilangan nafsu makan, dan sulit berkonsentrasi. Berikut adalah beberapa ulasan contoh terkait cara untuk mengelola & mengurangi stress:

1. Olahraga
Hanya 30 sampai 45 menit latihan selama tiga kali dalam seminggu dapat membuat kita merasa jauh lebih sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat menghilangkan stres, mengurangi depresi dan meningkatkan fungsi kognitif Anda. Olahraga juga melepaskan endorfin, zat kimia yang memicu perasaan positif. Berikut adalah beberapa cara yang bagus untuk latihan:

  • Lari, coba tetapkan tujuan untuk diri sendiri, seperti menjalankan 5k atau 10k . Ini akan membuat kita termotivasi dan membuat kita merasa lebih mampu memenuhi dan mengatasi tantangan.
  • Berenang satu mil setiap hari. Membenamkan diri dalam air akan membuat kita merasa lebih kuat dan akan membasuh setiap pikiran stres kita. Ini juga merupakan kegiatan yang baik jika kita memiliki sendi atau otot nyeri.
  • Mengambil kelas yoga. Yoga tidak hanya bagus untuk fisik, tetapi akan membantu kita belajar juga untuk mengatur napas dan mind's wanderings. 
  • Bergabung tim olahraga , seperti bowling, voli, atau softball. Kita akan dapat bertemu teman-teman baru dan berlatih pada saat yang sama. Dengan kata lain, kita mendapatkan manfaat dari sosialisasi dan berolahraga dalam sekali pergi.
  • Hiking. Kita akan merasa berkurang stresnya jika kita menghabiskan lebih banyak waktu di alam dan terkena udara segar.

2. Pijat
Pijat adalah cara yang bagus untuk bersantai dan untuk meminimalkan ketegangan fisik dan emosional yang Anda alami.

3. Makan dengan baik
Mempertahankan diet yang tepat adalah kunci untuk mengurangi stres. Tubuh yang diberi asupan bergizi baik lebih mampu mengatasi efek samping fisik dan emosional dari stres. Selain itu, stres telah berkorelasi dengan makan berlebihan.; orang cenderung mencari berkalori tinggi, makanan tinggi lemak ketika mereka merasa stres. Jika ingin mengurangi stres dalam hidup kita, maka kita harus memberi perhatian khusus untuk diet. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Makan sarapan yang sehat. Sarapan adalah makan yang paling penting hari, Ambilah waktu untuk makan karbohidrat sehat seperti oatmeal, protein seperti daging ayam, dengan porsi yang cukup disertai buah-buahan dan sayuran.
  • Makan tiga kali  sehari. Tidak melewatkan makan, dengan tidak peduli seberapa sibuk atau stres kita. Ini akan membantu menstabilkan rutinitas kita dan memberi lebih banyak energi.
  • Ambil waktu untuk makanan ringan yang sehat yang akan menjaga energi tinggi sepanjang hari. Membawa sebuah apel, pisang, atau almond di tas. Hindari makanan ringan yang akan membuat kita merasa tidak sehat dan lesu, seperti camilan manis atau soda.
  • Meminimalkan kafein dan asupan gula. Kafein dan gula dapat memberikan dorongan sementara tetapi sering mengakibatkan energi dan suasana hati crash nantinya. 

4. Konsumsi teh + penghilang stres herbal
Sejumlah herbal dan teh dapat memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres akibat insomnia, kecemasan atau kemarahan. Selalu pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan lainnya sebelum menggunakan herbal baru atau suplemen. Herbal yang paling umum dan teh yang digunakan untuk menghilangkan stres meliputi: 

a. Chamomile - Tanaman chamomile telah populer karena berbagai sifat healing yang dimilikinya dan ketersediaan mudah. Mungkin yang paling sering dikonsumsi yaitu sebagai teh. Chamomile sering digunakan untuk meredakan gejala stres yang disebabkan, seperti insomnia dan sakit perut. 

b. Passionflower - Tanaman passionflower telah digunakan untuk mengobati gangguan tidur, kecemasan, dan masalah pencernaan. Penelitian terbaru telah menyarankan bahwa passionflower dapat seefektif obat kimia preskriptif dalam mengobati kecemasan. Passionflower biasanya dicerna sebagai teh.

c. Lavender - Penelitian telah menunjukkan bahwa lavender dapat menghasilkan efek menenangkan, menyejukkan, dan obat penenang ketika aroma yang dihirup. Untuk alasan ini, lavender sering digunakan dalam minyak aromaterapi, teh, sabun, gel mandi dan lotion, di antara banyak produk komersial lainnya. 

d.Valerian root - Akar valerian dapat digunakan untuk mengobati kecemasan dan insomnia, meskipun tidak untuk digunakan selama lebih dari satu bulan.

5. Perbaiki jadwal tidur
Meningkatkan jadwal tidur kita akan jauh lebih baik dalam membantu mengurangi stres, Karena tidur mempengaruhi memori, penilaian, dan suasana hati. Kebanyakan orang membutuhkan 7-9 jam tidur sehari untuk mendapatkan tidur malam yang sehat.

6. Decompress
Tempatkan sesuatu yang hangat sebagai penyeka atau pengompres. Letakan kain di leher dan bahu selama 10 menit saat kita menutup mata. Cobalah untuk rilekskan wajah, leher dan bahu.

No comments:

Post a Comment