Saturday, May 14, 2016

Bagaimana trik jitu untuk menghadapi ujian bahasa inggris dengan sukses?


Belajar untuk ujian kadang bisa bikin stres, bener gak? Terutama jika materi yang kita pelajari adalah hal yang kita anggap sulit, atau kurang kita sukai. Namun, ada beberapa strategi yang dapat membantu kita biar sukses di ujian khususnya ujian bahasa inggris.

1. Menghafal kosakata
Tuliskan kata-kata tersebut dalam definisi. Hal ini akan mempermudah pemahaman kita.

2. Mengidentifikasi roots, prefixes & suffixes
Salah satu cara untuk mempelajari kosakata lebih cepat dan efektif adalah untuk mengetahui kata-kata umum roots (akar), prefixes (awalan), dan (suffixes) akhiran. Mampu mengidentifikasi ini dapat membantu kita membuat dugaan tentang kosakata bukan hanya harus menghafal daftar panjang kata-kata, misalnya:
Prefiks un, di, il, dan ir = sering menunjukkan "tidak."
Akhiran ive, -ative, dan -itive = menunjukkan bahwa kata merupakan salah satu adjective- yang menggambarkan kata benda.
Akhiran phobia = menunjukkan rasa takut sesuatu.
Awalan re = berarti kembali atau lagi.
Awalan psyche = menunjukkan hubungan dengan pikiran.
Awalan mono (satu) dan poli (banyak) = menunjukkan nomor atau jumlah.
Akhiran log, logo, dan ology = menyarankan studi sesuatu, dan lain-lain.

3.Baca ulang catatanmu
Biasanya kita gak mencatat semua hal yang guru sampaikan kan? Nah hanya hal-hal yang kita anggap penting saja yang biasanya kita catat. Pastikan untuk membaca ulang setiap bagian yang tampaknya benar-benar penting atau guru kita habiskan banyak waktu membicarankannya di kelas.

4. Lakukan review melalui panduan & ringkasan online 
Ada banyak situs yang ditujukan dan disediakan untuk siswa berupa ringkasan dan panduan belajar untuk case soal yang populer. Ini dapat menjadi alat untuk media belajar juga. Jika kita memilih untuk menggunakan panduan online, gunakan media yang memiliki reputasi yang ditulis oleh para ahli. Hindari menggunakan blog pribadi dan situs web yang tidak mengatakan mereka ditulis oleh para ahli.

5. Ketahui format ujian
Jika memungkinkan, cari tahu tentang format ujian. Misalnya, apakah ujian akan pilihan ganda atau seluruhnya esai. Hal ini dapat membantu kita memutuskan bagaimana metode belajarnya. Selain itu,
mengetahui apakah kita akan mengambil tes computer based atau dengan pengisian manual juga akan membantu kita menentukan cara terbaik untuk belajar. 

6. Membentuk kelompok atau grup studi
Tanyakan teman-teman sekelas, jika mereka ingin juga untuk belajar bersama. Kita mungkin bukan satu-satunya orang yang ingin belajar untuk ujian bahasa inggris. Hal ini bisa jadi suatu cara yang bagus untuk meningkatkan efektivitas belajar kita yaitu dengan berbagi catatan dengan satu sama lain.

7. Cari tahu tentang jenis soal dari tes-tes terdahulu
Gali banyak info dari sini. Siapa tahu, akan banyak kisi-kisi untuk tes selanjutnya.

8. Datang ke kelas sebelum ujian di mulai
Jangan sampai terjadi kita datang terlambat. Dan pastikan untuk berdoa sebelum memulai tiap aktifitas.

No comments:

Post a Comment