Wednesday, May 18, 2016

Bagaimana tips mengurangi lemak tanpa olahraga?

10 Tips mengurangi lemak tanpa olahraga

Ada yang ngerasa aneh dengan judulnya? Bener ko, kalian gak salah baca. Iya bener itu ngurangin lemak di badan tanpa perlu olahraga. Well, olahraga tentu penting bagi kesehatan. Dan yang menjadi titik awal terbaik untuk menurunkan berat badan sebenarnya adalah mengubah apa yang kita makan lho! Berikut adalah beberapa saran untuk membantu memulai penurunan berat badan, tanpa melakukan olahraga.

1. Pilah-pilih makanan organik
Mulailah makan makanan alami, seperti buah-buahan, sayuran, daging yang sehat dan ikan. Banyak makanan di restoran cepat saji yang diproses dengan cepat dan ditujukan untuk bisa disimpan lebih tahan lama. Pengolahan ini akan menghilangkan nutrisi penting dalam bahan makanan, dan perubahan komposisi makanan tersebut yang akan membuat kita gemuk.

2. Lihatlah serving size keseluruhan makanan
Bukan hanya klaim kesehatan yang dicantumkan yang dilihat saat akan memilih makanan. Banyak makanan mengklaim tinggi serat, tetapi ternyata juga sangat tinggi gula dan karbohidrat olahan lainnya. 

3. Hindari 'empty calories'
Jenis makanan yang dimaksud disini adalah seperti di permen, junk food, dan soda. Makanan-makanan ini memiliki nilai gizi yang sangat rendah. Berhati-hatilah dengan bahan karbohidrat olahan. Ini salah satu penyebab obesitas. Apa pun yang mengandung tepung atau gula (glukosa, fruktosa, sukrosa) akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Karbohidrat olahan juga dapat memicu perubahan dalam tubuh yang membuat metabolisme kurang efisien. Gula juga bisa menyebabkan ngidam yang membuat kita ingin lebih dari itu nanti. Banyak minum air putih adalah pilihan bijak. Hal ini akan membantu pencernaan, dan juga dapat membantu menyiram racun metabolisme dalam sistem tubuh kita. Sedangkan minuman manis, seperti soda mengandung banyak karbohidrat, oleh karena itu menambah berat badan.

4. Membuat beberapa menu baru
Cobalah untuk mulai menambahkan makanan sehat ke rutinitas makan kita. Makanan ini akan menggantikan makanan yang kurang sehat sedikit demi sedikit sampai asupan makanan kita secara keseluruhan jauh lebih sehat.

5. Melakukan record data
Mengukur lingkar pinggang secara berkala, atau memperhatikan lemak tubuh yang diukur dengan seksama. Melakukan throw back  pada hasil diet kita akan dapat menjadi motivasi tersendiri. Ingat bahwa berat badan berfluktuasi sedikit setiap hari, jadi jangan berkecil hati jika berat pada skala tertentu tiba-tiba naik sedikit.

6. Tidur yang cukup
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengantuk bisa menyebabkan kita makan berlebihan. Saat kita mengantuk juga sering terjadi bahwa jauh lebih sulit membuat keputusan yang baik dalam kondisi seperti ini.

7. Gunakan mind tricks
Gunakan piring yang lebih kecil dan gelas tinggi, karena cara otak memproses informasi visual. Jika piring jauh lebih besar daripada makanan, maka akan dirasa tidak cukup. Menggunakan piring yang lebih kecil akan membutuhkan lebih sedikit makanan untuk membuatnya tampil penuh.  Gelas tinggi terlihat terisi lebih banyak air dibandingkan gelas pendek, maupun gelas yang lebar, bahkan jika mereka memiliki volume yang sama. Gunakan ilusi optik ini !

8. Rencanakan porsi sebelum makan
Kecenderungan kebanyakan orang adalah untuk menyelesaikan makanan apa pun yang diletakkan di depan mereka, bahkan jika mereka sudah kenyang.

9. Perhatikan dengan siapa kita makan
Jika kita cenderung makan lebih banyak ketika sendirian, cobalah makan lebih sering di sekitar orang lain. Makan dengan teman-teman yang makan lebih sedikit itu lebih baik. Jika ada orang-orang di sekitar kita yang makan banyak, cobalah mengambil makanan dengan orang-orang yang makan lebih sedikit. Jika ini tidak mungkin atau tidak menyenangkan, setidaknya menyadari kecenderungan ini dan perhatikan bagaimana cara makan orang lain mempengaruhi kita.

10. Berkonsentrasi pada apa yang kita makan
Jika Anda terganggu saat makan, karena makan di depan TV atau saat mengemudi, ini jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melihat bahwa kita merasa kenyang atau berapa banyak yang kita makan. Jadi sadarlah dengan apa yang kita makan dan memperhatikan perasaan dalam tubuh kita yang akan memberitahu kita ketika merasa kenyang, sehingga kita akan makan lebih sedikit.

Selamat mencoba !

No comments:

Post a Comment