Wednesday, May 11, 2016

Bagaimana cara mengatur keuangan sendiri?


Manajemen keuangan pribadi adalah subjek yang tidak diajarkan di banyak sekolah, tapi hal ini adalah sesuatu yang hampir semua orang akan berurusan di kehidupannya kemudian hari. Bagaimana cara me-manage-nya, mari kita ulas bersama disini:

1. Membuat Anggaran
Untuk satu bulan,tuliskan apa-apa saja yang sudah kita habiskan dan lacak semua pengeluaran kita.
Kategorikan pembelian kita dengan cara yang sederhana. Sebuah daftar sederhana dari pengeluaran bulanan kita akan terlihat seperti ini:

Pendapatan bulanan  : Rp 10.000.000
Expenses                   :
       - Sewa/cicilan dsb: Rp 3.000.000
       - Tagihan rumah tangga (listrik): Rp 250.000
       - Bahan Makanan: Rp 1.800.000
       - Makan di luar: Rp 1.500.000
       - Gas: Rp 300.000
       - Medis darurat: Rp1.400.000
       - Tabungan: 1.000.000

       -  Lain-lain: 750.000

2. Gunakan uang dengan bijak
Seberapa sering kita membeli DVD hanya untuk dikoleksi lalu membiarkannya berdebu selama bertahun-tahun, tanpa menggunakannya? Buku, majalah, DVD, alat, perlengkapan pesta, dan  semua bisa disewa. Menyewa sering menghemat dalam pemeliharaan, meminimalisir ruang penyimpanan.

Namun, jangan segalanya harus menyewa. Jika kita menggunakan item tersebut untuk waktu yang cukup lama, mungkin lebih baik untuk membeli. Lakukan analisis biaya sederhana untuk melihat apakah menyewa atau membeli yang terbaik bagi kepentingan kita.

3. Investasi
Biasakan diri dengan beragam pilihan investasi yang berbeda, pelajari dengan baik lalu pilih yang paling sesuai dengan hati dan kondisi.

4. Build your saving
Jadikan menabung menjadi hal yang didahulukan. Mulai menabunglah sedari muda. Bahkan jika dimulai sejak masih di sekolah, tabungan amatlah penting untuk kedepannya.

No comments:

Post a Comment