Saturday, May 14, 2016

Bagaimana cara mengatasi short term memory loss?


Kehilangan memori jangka pendek, mudah lupa, atau pikun merupakan efek alami dari penuaan, atau dapat disebabkan oleh penyakit, cedera, stres, atau sebagai efek samping dari penggunaan narkoba. Meskipun akan memakan waktu, kesabaran, dan dedikasi, sejatinya kita dapat meningkatkan memori kita. Berikut adalah beberapa tips tentang reklamasi memori jangka pendek.

1. Sharpen our mind
Otak akan menanggapi aktivitas dan stimulasi seperti otot akan menjadi lebih kuat dengan olahraga teratur. Ketika kita belajar bagaimana melakukan hal-hal baru, otak akan membentuk jalur saraf baru, membantu untuk tumbuh dan membuat koneksi ke jalur lainnya. Melakukan hobi dan selalu ingin mencoba, dan belajar seperti mencoba alat musik baru, ini akan memberikan stimulus yang melibatkan otak bekerja secara teratur, dengan hasil yang terukur. Kegiatan lebih cepat seperti teka-teki silang atau sudoku, atau membaca juga akan merangsang pikiran sebanyak melakukan hal-hal baru. Tugas-tugas ini mungkin tampak sulit pada awalnya, namun hal itu bagus dan akan menantang otak kita dipaksa untuk bekerja.

2. Berinteraksi dengan orang lain
Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bukti bahwa orang tua yang memiliki kehidupan sosial yang aktif mungkin memiliki tingkat yang lebih lambat dari penurunan memori daripada mereka yang terisolasi. Bahkan, mereka yang tidak hanya secara sosial terhubung banyak orang memiliki masa kehilangan memori lebih lambat, mereka juga memiliki tingkat kematian lebih lambat. Jadi keluar dan bertemulah orang-orang!

3. Gunakan mnemonics (mnemonik)
Mnemonics adalah teknik melampirkan kata, frasa, atau gambar untuk sebuah objek. Jenis mnemonics ini ada beragam, bisa berupa musik, nama, kata, permodelan, syair, gambar dan spelling.
contohnya untuk yang jenis mnemonik kata adalah; ada 7 coordinating conjunctions dalam bahasa inggris, yaitu For, And, Nor, But, Or, Yet, So = FANBOYS. Lalu, untuk name of mnemonics misalnya adalah ROY G. BIV = colors of the spectrum (Red, Orange, Yellow, Green, Blue, Indigo, Violet. Sedangkan contoh untuk spelling mnemonics misalnya: Arithmetic: A Rat In The House May Eat The Ice Cream.

4. Laugh easily & often
Psikolog Daniel Goleman menulis dalam buku Emotional Intelligence, bahwa "tawa akan membuat orang untuk membantu orang berpikir lebih luas dan berasosiasi lebih bebas."

5. Makan makanan untuk nutrisi otak
Makanan dengan asam lemak omega-3 yang diakui sebagai bahan makanan yang sangat baik untuk ketajaman otak kita. Cold water fish seperti salmon, tuna, dan sarden semuanya kaya omega-3, dan bahkan dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer. Tidak suka ikan? Banyak makanan yang termasuk suplemen omega-3 di dalamnya, seperti telur dan susu organik. Makanan alami seperti kedelai, kenari, biji labu, dan biji rami (minyak dan biji) semua kaya omega-3. Pastikan untuk mengonsumsi setiap jenis makanannya yang masih segar.

Makan buah-buahan dan sayuran secara teratur. Makanan dengan antioksidan akan melindungi sel-sel otak kita dari kerusakan oleh radikal bebas. Contohnya, brokoli, daun selada romaine, bayam, dan lobak . Dari sisi buah, bisa dicoba beberapa mangga, melon, dan aprikot. Teh hijau (green tea) juga mengandung polifenol untuk melawan radikal bebas .

Batasi asupan lemak, & makanan olahan yang menggunakan kadar gula tinggi. Mereka berpengaruh padaitu  penggemukan, pembusukan gigi, dan mengandung trans-lemak. 

6. Olahraga
Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak kita. Melakukan serangkaian peregangan singkat segera setelah kita keluar dari tempat tidur di pagi hari juga membantu meningkatkan pikiran. Jika kita punya waktu, melakukan 30 menit latihan berupa senam tiga atau empat kali seminggu, seperti jalan cepat, bersepeda, jogging juga hal yang baik.

7. Istirahat yang cukup
Jumlah yang cukup memejamkan mata setiap malam akan membantu otak kita melakukan yang terbaik hari berikutnya. Cukup untuk tujuh sampai sembilan jam saja tidur tanpa gangguan (jumlah yang tepat tergantung pada kebutuhan pribadi tubuh kita sendiri, yang bervariasi dari orang 1 ke orang lainnya).

8. Membuat jurnal
Jika kita berjuang untuk mengingat apa yang terjadi selama sehari sebelumnya, maka mulailah membuat jurnal. Tuliskan item penting dari informasi atau hal-hal lain yang ingin kita ingat.

9. Membuat daily routine
Misalnya dengan cara teratur menaruh kacamata atau kunci mobil dengan menempatkannya di tempat yang tepat sama setiap hari. Tuliskan juga  rutinitas kita sehingga kita tidak akan melupakannya. Posting di suatu tempat yang menonjol, seperti pada cermin kamar mandi atau kulkas, atau masukkan ke dalam aplikasi kalender dengan pengingat atau kalender dinding.

10. Mintalah bantuan orang terpercaya. 
Orang ini dapat membantu kita mengingat janji, arah, letak dompet, nama dan hal-hal lain yang membantu kelancaran interaksi sosial kita.

No comments:

Post a Comment