Saturday, September 22, 2018

Bagaimana tips mendapatkan penghasilan tambahan bagi karyawan?

4 Tips mendapatkan penghasilan tambahan bagi karyawan

Uang memang bukanlah segalanya, namun dengan keberadaannya kita tentu bisa lebih banyak melakukan sesuatu yang berguna. Apalagi jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang amat kita inginkan maka kita harus bekerja lebih keras demi mencapainya. Namun dengan kondisi demikian, kadang kita terbentur dengan penghasilan yang sumbernya dari situ-situ saja.

Bagi kita yang seorang karyawan biasa sudah barang tentu sangat menggantungkan sumber penghasilan dari jerih payah bekerja saja. Sehingga masa-masa gajian adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Gak salah memang, namun jika kita masih muda, ada waktu luang juga, dan belum ada tanggungan, maka jika kita  ingin mendapatkan tambahan uang sembari kerja maka kita harus memanfaatkan semua peluang kesenggangan yang telah disebutkan tadi itu dengan sebaik-baiknya.

Kreatif, adalah sebuah kata yang memiliki arti yang begitu bermakna di era sekarang ini. Karena hanya dengan modal ini kita sudah bisa menghasilkan uang dari berbagai sumber. Nah, berikut adalah beberapa contoh cara agar kita bisa mendapatkan penghasilan sembari bekerja melalui kreativitas :

1. Blogging
Untuk hal yang satu ini memang diperuntukkan bagi kalian yang suka nulis, jago nulis dan hobi serta betah dalam menceritakan segala sesuatunya melalui cerita dalam tulisan. Sudah bukan hal asing lagi jika melalui media blog ini banyak bermunculan orang berpenghasilan tinggi. Melalui blog berkualitas yang disematkan iklan Google atau biasa kita sebut medianya sebagai Google adsense.

Dengan menjalani pilihan ini, maka kira harus tekun dalam mengerjakannya. Misalnya, jika pagi memang kita bekerja, maka disela-sela istirahat siang atau setelah jam kantor kita bisa ambil sedikit waktu umtuk menulis, dan mengupdate content blog kita.

2. Ngevlog
Tak terlalu berbeda dengan blog, vlog ini juga merupakan media bercerita namun bedanya jika hal ini menggunakan video. Seperti kita tau bahwa youtubers adalah sosok yang berduit banyak di era sekarang. Sebut saja Ria ricis, Gen Halilintar, Raditya dika, Arief Muhammad, Kevin Hendrawan dan lain-lain yang bisa dibilang berpenghasilan milyaran pertahunnya  dari aktif mengisi content di channel youtube nya.

Jika ingin mendapatkan penghasilan yang tinggi dalam menjalani vlog ini memang ada syarat yang dipenuhi. Tentunya kita harus memiliki viewers yang tinggi. Untuk mendapatkan jumlah viewers yang tinggi tentunya kita harus buat content yang tak sekedar menarik namun juga berkualitas agar subscribber kita pun setia menonton dan selalu bertambah.

Rasanya bagi para pekerja masih bisa meluangkan waktu, misalnya di malam hari atau selama weekend (sabtu dan minggu) untuk membuat atau merekam contentnya. Misalnya saja content yang cukup 'laku' di masyarakat indonesia adalah tentang kuliner, tentang tutorial make up, travelling, dan lain-lain. Kita bisa memproduksi dan mengupload video sekitar 2 hingga 3 video per minggu.

3. Freelancer
Banyak web-web bertebaran di internet yang menawarkan pekerjaan paruh waktu atau freelance. Rasanya setelah  kita fokus dalam pekerjaan di ranah freelance ini setelah menyelesaikan pekerjaan kantor. Item-item pekerjaan di ranah freelance ini sangatlah beragam. Umumnya ada dari design, entry data, translator, writing dan lain-lain.

Web atau situs freelance ternama yang cukup reliable misalnya adalah upwork, sribulancer, freelancer indonesia, gobann, dan projects.co.id dan lain-lain. Kita bisa memilih pekerjaan apa yang sesuai dengan minat kita dan menghasilkan uang darinya.

4. Online Shop
Kecenderungan metode belanja dewasa ini memang sudah mengalami pergeseran. Orang sudah lebih memilih belanja melalui internet atau biasa kita sebut sebagai online shop. Kalau kita jeli, sesungguhnya ini adalah peluang. Tiap orang bisa beli apa saja via online karena banyak orang yang menyediakan (menjual) apa saja via internet.
Sebut saja tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, shopee, JD.ID, elevania, zalora, olx dan bhinneka adalah contoh dari pengisi e-commerce  di indonesia. Jadi, sebenarnya kita bisa menjual apapun via e-commerce ini. Selain itu kita juga bisa menjual barang kita melalui social media. Daripada sosmed digunakan hanya untuk pamer alangkah baiknya kita gunakan untuk hal yang produktif.

Hal yang misalnya saja bisa kita lakuakan adalah menjual beragam apparel. Jika weekend misalnya, coba luangkan waktu jalan ke tanah abang (bagi yang berdomisili di sekitar jabodetabek), atau cobalah main ke pasar baru (bagi yang berdomisili di area bandung) maka akan kalian temukan inspirasi baju yang bisa dijual. Belilah beberapa (misal 1 kodi) agar harganya lebih murah. Setelah itu, bisa kita jual kembali via sosmed maupun e-commere platform dengan membeli selisih laba. Ini baru satu contoh. 

Contoh lain adalah kita bisa menjual makanan. Misalnya, kita bisa membeli kurma dari distributor untuk selanjutnya bisa kita jual lagi. Masih banyak inspirasi lain apabila kita memang jeli. Untuk pengiriman memang difokuskan pada malam hari saat kita sudah keluar dari jam kantor agar tak mengganggu karir utama kita.

No comments:

Post a Comment