Saturday, September 8, 2018

Bagaimana china bisa selalu juara (berprestasi) di bidang olahraga?

5 Alasan negara china selalu juara (berprestasi) di bidang olahraga

Asian games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia baru saja berakhir. Hasil akhir klasemen perolehan medalinya kembali menorehkan negara china atau tiongkok menjadi juaranya seperti edisi sebelum-sebelumnya. Selain di level asia, tiongkok juga bisa bersaing di papan atas level dunia (Olimpiade). Nah, sebenarnya apa rahasia dari negara ini bisa sangat berprestasi di kancah olahraga dunia? Mari kita simak uraiannya:

1. Adanya program kebugaran masal
Jumlah dari gimnasium dan stadion yang diperbolehkan untuk dipakai serta terbuka untuk umum tersebar di seluruh wilayah tiongkok dan berjumlah sekkitar 620.000 buah. Arena tersebut memiliki standar yang baik dan berstandar nasional serta terpusat di ibukota beijing. Selain itu juga terdapat pusat kebugaran yang berada di ruang publik, alun-alun, kampus dan lain-lain.

2. Pengenalan olahraga di mulai dari usia dini
Di masing-masing sekolah yang di tiongkok menyediakan tenaga kebugaran bagi siswa. Mereka yang sekolah didalamnya harus memenuhi persyaratan atau standar yang telah ditentukan, karena jika  mereka tidak lolos maka para murid tersebut tidak boleh melanjutkan kke jenjang berikutnya. 

Selain itu, di negara ini juga mengadakan pertandingan antar sekolah dan kampus tiap 4 tahunan dimana adanya jaminan bagi peserta yang tampil baik disana selanjutnya akan mendapatkan program latihan  khusus.

3. Banyaknya sekolah olahraga yang berkualitas
Tunjangan bagi siswa yang mampu tampil baik dalam level tertentu cukup besar sehingga mereka fokus dan tak memikirkan lagi masalah finansial. Ada sebanyak 5000 sekolah olahraga yang tersebar di seluruh penjuru negri.

4. Adanya program latihan yang jelas dan terpusat
Pemerintah mengalokasikan dana khusus yang diambil dari pajak untuk meningkatkan olahraga mereka. Efek dari kondisi ini adalah para atlet akan semangat untuk berprestasi dan meraih kemenangan di ssetiap pertandingan karena tentu akan mendapatkan gaji yang tinggi.

5. Taktik khusus pertandingan
Taktik yang dimaksud ini adalah mencari kelemahan dan keunggulan dari lawan lalu membuat rencana untuk memperbaiki penampilan di periode selanjutnya.

No comments:

Post a Comment