Saturday, September 8, 2018

Bagaimana cara mudah mengemudikan mobil manual?

Bisa mengendarai mobil di era sekarang sudah merupakan keahlian yang penting untuk dimiliki. Karena dimanapun kita berada kemampuan ini akan sangat membantu kita dalam beraktifitas.

Jika ada dari kalian yang belum bisa menyupir atau mengemudikan mobil, maka berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menyalakan mesin mobil
Langkah awal ini adalah dengan masuk ke ruang kemudi mobil, duduk dengan nyaman dan memasang seat belt. Setelah itu masukan kunci ke rumah kunci yang tersedia dan putar searah jarum jam. Hingga suara mesin terdengar, maka mobil siap untuk dijalankan.

2. Injak pedal kopling kemudian pindahkan gigi mobil 
Begini cara mudah mengemudikan mobil manual

Langkah selanjutnya adalah dengan mengenali 3 jenis pedal yang ada di dalam mobil, yaitu pedal kopling, pedal gas, dan pedal rem. Instruksi pertama yang harus dilakukan adalah dengan menginjak pedal kopling dan mulai menggerakan shift gear disamping tempat duduk driver seperti berikut:
Begini cara mudah mengemudikan mobil manual
Jika dari posisi diam, dan gear shift berasa ditengah tandanya untuk jalan maju kita harus memindahkan ke gigi 1.

3. Seimbangkan antara kopling dan gas
Saat gas akan ditekan kita harus angkat kopling dengan pelan. Hal ini biasanya menjadi momok yang sulit bagi pemula. Jika kita menginjak gas dengan terlalu kencang namun kopling belum diangkat, maka yang terjadi akan ada suara kasar. Begitu juga jika mengangkat koplingnya terlalu cepat kemungkinan yang terjadi adalah mesinnya akan mati atau mobil akan jalan dengan rasa yang tidak nyaman.

4. Selalu siap dan siaga rem saat gas sudah stabil
Jika mobil sudah jalan harus selalu mengingat untuk kaki kiri stand by di pedal kopling, sementara kaki kanan siap untuk berpindah dari pedal rem dan gas. Dan saat mobil sudah jalan, kita tak perlu terus menerus menginjak kopling. Tinggal maintain antara gas dan rem.


5. Mengulangi langkah nomor 2 dan 3 untuk menambah maupun menurunkan speed.
Jangan pernah lupa saat memindahkan gigi baik untuk turun maupun naik, kita harus menginjak kopling. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment