Saturday, September 22, 2018

Bagaimana cara menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah?

Cara menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah

Siapa yang tak mengenal manfaat dari bahan makanan berupa buah dan sayur? Rasanya semua orang tahu bahwa buah dan sayur tentu bahan makanan yang menyehatkan. Kita juga sering menemukannya dalam kesatuan dari 4 sehat 5 sempurna. Selain menyehatkan, buah dan sayur juga memiliki cita rasa yang enak dan juga menyegarkan.

Namun, saat menyantapnya atau akan mengolahnya sudah pastik amankah sebenarnya sayur dan buah untuk dikonsumsi? Jika yang kita beli adalah sayuran dan buah organik, mungkin kita tak terlalu repot dan memusingkannya. Seperti halnya kita ketahui sayur dan buah organik ini pun harga nya jauh lebih mahal dari buah dan sayur biasa. Namun pada klaimnya, sayur dan buah organik tersebut tidak menggunakan pestisida atau obat pengontrol hama yang notabenenya komponennya berupa racun bagi hama di tanaman buah dan sayur yang juga bisa ikut terkonsumsi oleh manusia. Nah hal semacam inilah yang sesungguhnya tidak diinginkan. Sayuran dan buah organik ini pun keberadaanya tak selalu dekat dengan kita. Kadang kita harus pergi ke swalayan tertentu di kota lain hanya untuk mendapatkannya.

Kita dalam keseharian mungkin hanya mencuci dan membilasnya pada air mengalir atau merendamnya pada cairan pencuci piring yang diklaim cocok juga untuk mencuci buah dan sayur. Namun, apakah sebenarnya itu cukup? Mungkin jika buah dan sayuran organik sudah cukup dengan treatment semacam itu. Karena asumsinya buah dan sayur hanya terkena kotoran sisa dari tanah atau terpapar udara terbuka saja. Berikut adalah tips dari menghilangkan pestisida yang menempel pada buah dan sayur:
  • Sebelum diolah, rendamlah sayur dan buah dalam campuran larutan 10% cuka dan 90% nya adalah air 
  • Rendam selama 15-20 menit saja
  • Bilas dengan air bersih (matang)  yang mengalir
  • Sayur dan buah siap di olah dan di santap.
Nah, dengan proses semacam ini kita bisa lebih yakin dan tenang untuk mengonsumsi buah dan sayur yang terbebas dari zat-zat beracun atau karsinogenik yang terdapat dalam kandungan pestisida. Selamat mencoba! 

No comments:

Post a Comment