Saturday, September 8, 2018

Bagaimana mekanisme kerja toilet pesawat?


Bagaimana mekanisme kerja toilet pesawat?

Keberadaaan pesawat sangat membantu bagi kita dalam perjalanan jauh. Jarak tempuh yang jauh tak lagi akan berasa lama jika kita menggunakan moda transportasi ini. Selain nyaman dan cepat, sekarang ini sudah banyak maskapai yang menjual tiketnya dengan harga yang relatif murah.

Bagi kalian yang sering ataupun pernah berpergian menggunakan pesawat tentu tak asing dengan keberadaan toilet pesawat. Namun sebenarnya bagaimanan mekanisme toilet tersebut? Mari kita ulas bersama penjelasannya:

1. Kemanakah perginya kotoran?
Saat tombol flush ditekan, kemanakah perginya kotoran tersebut? Bisa jadi hal ini sering muncul di benak tiap orang. Mungkin ada yang berpikir bahwa kotoran baik yang berupa padat maupun cair akan mengeras dan akan langsung dijatuhkan. Namun, hal tersebut tak benar adanya. Karena saat kita menekan tombol flush, maka tangki penyimpanan di bawah pesawat akan terbuka. 

Setiap pesawat tentu dilengkapi dengan sebuah sistem vakum. Hal ini mungkin sudah dimulai dari 30 tahun yang lalu.Vakum itu akan membawa sejumlah kotoran dari saluran pembuangan ke tangki yang akan dapat menampung kotoran hingga 200 galon. Dengan kondisi demikian maka pesawat tak perlu membawa air dalam jumlah yang terlalu banyak yang berefek pada berat.

2. Material closet
Toilet di pessawat memiliki semacam lapisan non stick berupa teflon supaya membantu dalam hal proses penarikan limbah ke bawah. Limbah akan tetap terus berada di pesawat selama proses penerbangan dan baru akan dikeluarkan saat pesawat sudah mendarat.

Dengan penjelasan tersebut jelas bahwa semuanya tersistem dengan aman dan tak perlu mengkhawatirkan jika kotoran tersebut akan mengenai orang-orang yang sedang berada di darat.

No comments:

Post a Comment