Friday, July 20, 2018

Bagaimana cara ampuh agar berhenti dari kebiasaan merokok?


Kita semua tahu bahwa merokok merupakan hal merugikan kesehatan. Dilihat dari bungkusnya saja sudah tercantum penjelasan itu. Kandungan nikotin dan bahan berbahaya lainnya terkandung didalamnya.  Namun, merokok ibarat candu. Bagi yang sudah mengenalnya, tentu tak mudah melepaskannya.

Banyak orang yang sudah mencoba untuk berhenti merokok, tapi pada kenyataannya yang bersangkutan sulit menghilangkan kebiasaan tersebut. Berikut adalah kiat-kiat agar perokok bisa berhenti meninggalkan kebiasaannya tersebut:

1. Niat
Semua tindakan didasari dari niatmya. Begitu juga dengan niat untuk berhenti merokok. Butuh kesungguhan yang kuat, komitmen dan konsistensi untuk melakukan hal ini. Tidak ada hal yang tak mungkin juga bila niat ini disertai dengan keteguhan hati untuk bisa menaklukannya.

2. Hindari lingkungan perokok
Hal yang satu ini sangat jelas memberikan pengaruh yang sangat besar bagi para pejuang yang ingin berhenti merokok. Kita mungkin bisa berhasil menaklukan challenge ini jika sedang sendiri, namun saat berkumpul atau nongkrong dengan orang-orang yang merokok, maka kebiasaan lama kita ini bisa muncul lagi.

3. Bawa permen
Konon katanya para perokok akan merasa asam pada mulutnya jika berhenti merokok. Nah untuk mengantisipasi hal ini kita bisa selalu menyediakan permen saat kemanapun kita pergi. Jenis permen yang dipilih sesuai dengan selera masing-masing namun pilihlah yang kemasan kotak dengan isi banyak sehingga kita tak perlu repot untuk membuang sampahnya.

4. Rajin berolahraga
Dengan mulai berolahraga dan gaya hidup sehat kita akan merasa badan lebih segar dan bugar. Jika kita sudah terbiasa untuk melakukan hal ini maka akan sungkan untuk merokok lagi karena kesadaran akan manfaat sehat yang sudah dirasakan.

5. Dekatkan diri dengan agama
Dengan mendekatkan diri pada agama kita akan makin mensyukuri nikmat hidup dan nikmat  sehat yang Tuhan telah berikan. Pada dasarnya merokok pun merupakan hal yang sia-sia bahkan merugikan. Karena melakukan sebuah kerugian pada diri sendiri dan orang lain adalah sesuatu yang dilarang agama, maka kita akan selalu ingat untuk mengindarinya.

Semoga kiat-kiat tersebut bisa membantu para perokok untuk bisa segera move on dari kebiasaan merokok  Selamat berjuang!

No comments:

Post a Comment