Saturday, July 28, 2018

Bagaimana wajah jalan tol Jakarta - Cikampek di masa depan?

Seperti kita ketahui bersama bahwa di wilayah jabodetabek merupakan daerah termacet di indonesia. Namun beberapa tahun belakangan ini kondisi macet tersebut semakin diperparah dengan adanya proyek jalan tol elevated di jalur tol paling terpopuler di indonesia yaitu jalan tol Jakarta - Cikampek yang menghubungkan provinsi DKI Jakarta dengan provinsi Jawa barat.

Project pembuatan jalan tol elevated (bertingkat) ini memang bukanlah yang pertama di negeri ini. Karena sebelumnya di Jakarta sendiri sudah banyak jalan tol jenis ini, tol dalam kota misalnya yang menghubungkan cawang dengan kelapa gading hingga area jakarta utara lainnya.

Project ini dikerjakan  pagi, siang, dan malam. Bisa dibayangkan bukan bagaimana pengaturan lalu lintas disana yang tetap dibuka untuk lalu lintas bersama tiap harinya? Project ini menyebabkan banyak kemacetan di ruas sepanjang hampir 37 kilometer. Selain dari project jalan tol ini, di samping kanan dan kiri dari project ini pun terdapat project - project lain yang tak kalah prestisiusnya. Target atau kondisi yang akan dicapai dari project-project ini adalah  sebagai berikut :


1. Jalan tol elevated Jakarta - Cikampek (Japek)
Project ini dikerjakan oleh 2 perusahaan kontraktor terkemuka yaitu PT Waskita (BUMN) dan PT Acset Indonusa Tbk (Astra Group). Seperti inilah gambarannya:

2. Kereta cepat Jakarta - Bandung
Sesuai dengan namanya, high speed train (HST) ini akan menghubungkan 2 kota besar di pulau jawa yaitu Jakarta dan Bandung. Dalam gambar bisa dilihat bahwa kereta ini ada disebelah selatan dari jalan tol japek. Kelak akan ada beberapa titik pemberhentian (stasiun)  untuk kereta cepat ini, misalnya di halim, karawang, walini dan tegalluar.

3. Light Rail Transit  (LRT)
Project ini lebih dikenal dengan sebutan LRT Jabodebek. Project ini dilaksanakan oleh slah satu perusahaan BUMN Indonesia. Perusahaan tersebut adalah PT Adhi Karya (persero) Tbk.

No comments:

Post a Comment