Friday, July 20, 2018

Bagaimana tindakan yang tepat saat mendengar sirine ambulans di jalan tol?

Saat berkendara di jalan tol dan seketika kita mendengar suara dari sirine ambulans, maka sebenarnya apa sih langkah yang harus kita ambil saat menemui kondisi tersebut?  Mari kita bahas langkah-langkahnya:

1. Cek spion
Gunakan spion untuk mengetahui dari mana arah datangnya suara sirine ambulans tersebut. Di sini kita bisa memantau juga jenis ambulansnya, apakah jenis kendaraan besar maupun kecil sehingga kita bisa lebih mengarahkan kendaraan ke arah yang tepat. 

2. Beri jalan
Segera beri jalan seketika itu juga. Jangan lupa untuk memberikan lampu sein ke arah mana kita akan bergerak. Hal ini penting agar kendaraan di sekitar kita baik yang berada di depan, samping dan belakang mobil kita bisa memposisikan diri terhadap pergerakan mobil kita.

3.Tegur kendaraan lain
Jangan sungkan untuk menegur kendaraan di depan kita agar ikut memberi jalan juga. Cara yang dilakukan adalah dengan memberikan lampu dim maupun klakson. Hal ini memang ringan, namun bisa berefek terhadap akses jalan yang lebih lancar.

4. Berhenti
Kadang jika kondisi jalan memungkinkan, kita juga bisa memilih untuk menghentikan kendaraan kita. Tentunya kita harus melihat dulu situasi dan kondisi pada saat tersebut apakah memang tepat untuk berhenti atau cukup hanya menepi.

Dengan poin-poin yang kita lakukan seperti diatas paling tidak kita sudah memberi jalan pada orang yang di dalam ambulans yang bisa jadi sedang dalam kondisi kritis. Sebuah sikap sederhana yang berujung tindakan mulia. 

No comments:

Post a Comment