Sunday, October 14, 2018

Bagaimana trik mengelola gaji agar gak cuma numpang lewat?

4 Trik mengelola gaji agar gak cuma numpang lewat

Siapa yang gak happy saat pay day? Pasti semua orang menunggu-nunggunya. Tapi,  jangan sampai terjadi kebahagiaan itu hanya sesaat karena gaji tersebut cuma numpang lewat ya. Nah, untuk menghidari hal itu maka berikut adalah ulasan terkait bagaimana mengelola gaji yang benar:

1. Buat perbandingan
Perbandingan yang dilakukan adalah terkait pengeluaran perbulan. Jika setahun ada 12 bulan, maka dalam satu tahun itu coba cermati deh pengeluaran kalian. Antara bulan satu, dua dan tiga misalnya apakah ada kesamaan? Misalnya sama-sama tak bersisa? Jika iya, artinya kalian belum bisa me-manage uang.

Setelah dicermati, coba pantau ya kalau ada selisih di bulan selanjutnya dan kalian ternyata bisa nabung dan konsisten maka kalian sudah bisa mengontrol pengeluaran kalian.

2. Bedakan rekening
Lakukanlah pembedaan antara rekening yang untuk kebutuhan pengeluaran dan untuk keperluan menabung. Hal ini akan sangat membantu buat kalian dalam mengalokasikan dana. Ada pembagian porsi yang pas untuk tiap perencanaan pengeluaran.

3. Buat laporan keuangan
Hal ini penting karena dengan cara inilah kita bisa tahu kemana saja uang kita terpakai, atau habis karena apa saja? Banyak contoh laporan keuangan yang bisa kalian contoh via berselancar di internet. Banyak juga aplikasi sejenis yang bisa kalian unduh dia app store.
4 Trik mengelola gaji agar gak cuma numpang lewat 50/30/20 budget

4. Sisihkan di awal.
Paksakan diri untuk menabung dari awal gajian. Jika hal ini benar-benar dilakukan maka mau tak mau kita pasti punya tabungan. Nah, jika ini sudah berhasil maka jangan coba-coba untuk mengambilnya untuk tujuan diluar planning.

Maka,  ayo kelola gaji biar gak tau-tau sudah habis tak bersisa. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment