Sunday, October 7, 2018

Bagaimana aturan tentang perawatan gigi saat hamil?

5 Aturan tentang perawatan gigi saat hamil

Kehamilan sebagai hal membahagiakan yang didambakan setiap wanita. Kesehatan tubuh di kala hamil harus senantiasa terjaga agar bayi di dalam kandungan juga sehat kondisinya. Tak terkecuali bahwa ibu hamil juga memerlukan perawatan gigi rutin di setiap periodenya. Apa saja item perawatannya tersebut, mari kita ulas bersama:

1. Masa sebelum hamil
Pada saat fase ini hal yang harus dilakukan adalah konsultasikan dengan dokter gigi bahwa kondisi gigi dan gusi dalam kondisi sehat. Pada saat hamil nantinya, kondisi hormon meningkat sehingga gigi dan gusi akan semakin sensitif.

2. Trimester pertama
Dikarenakan kondisi yang sensitif tersebut maka biasanya ibu hamil akan mudah muntah saat melakukan aktivitas menggosok gigi. Sebenarnya, hal yang harus di waspadai pada fase ini adalah hal yang biasa disebut dengan 'gingivitis' atau gusi bengkak di saat hamil. Lakukanlah kumur dengan sering untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi. Jangan terburu-buru untuk menggosok gigi jika kondisinya setelah mual - muntah.

3. Trimester kedua
Pada masa ini kondisi ibu hamil sedang tinggi-tingginya dalam peningkatan nafsu makan. Mungkin makan 3 kali dalam sehari nasi dengan lauk tal cukup untuk mengenyangkan perut ibu hamil. Pantas saja karena nutrisinya dibutuhkan juga untuk si bayi. Selain tingginya asupan yang masuk berupa makanan utama, selain itu ibu hamil dalam fase ini juga banyak sekali keinginan untuk ngemil. Tak heran tentunya di fase ini kenaikan berat badan bumil cenderung signifikan dibandingkan pada trimester pertama yang justru mungkin di awal kehamilan malah sempat menurun.

Hindari ngemil snack manis di malam hari dan beri asupan makanan yang banyak mengandung vitamin C, kalsium, vitamin B12 agar gigi dan gusi tetap sehat. Asupan ini bisa ditunjang juga melalui vitamin-vitamin yang dijual di apotek.

4. Trimester ketiga
Pada fase ini ibu hamil sudah mulai fokus pada semakin beratnya janin yang di kandung. Hindari melakukan perawatan gigi di 6 minggu terakhir usia kehamilan. Bumil disarankan tetap membersihkan gigi sehari-hari dengan sikat gigi dan juga dental floss

5. Saat Menyusui
Setelah proses persalinan sebaiknya bumil tetap menyempatkan waktu untuk konsultasi dengan dokter gigi. Tunda dulu tindakan perawatan gigi dan pastikan saja bahwa kondisinya bersih dan sehat. Konsultasikan pula untuk mengangkat  amalgam (tambalan perak di gigi) jika ada. Hal ini beresiko mencemari ASI dengan merkuri.

No comments:

Post a Comment