Wednesday, October 17, 2018

Bagaimana tips menjaga rambut agar tetap sehat meski berhijab?

7 Tips menjaga rambut agar tetap sehat meski berhijab

Rambut sering disebut sebagai mahkota wanita. Setiap wanita pasti membenarkan hal tersebut. Rambut yang sehat akan memberikan kebanggan dan kenyamanan bagi pemiliknya. Namun, bagaimana dengan rambut wanita muslimah yang selalu terlindungi oleh hijab atau jilbab? Berikut kita ulas bagaimana agar rambut tetap sehat meski berhijab:

1. Keringkan rambut
Jangan membiasakan untuk menutup rambut pada saat kondisi rambut masih basah. Lakukanlah pengeringan menggunakan handuk atau menggunakan pengering rambut (hair dryer). Saat rambut dikerudung dan masih dalam kondisi basah, maka hal ini cenderung akan lembab sehingga ketombe mudah bermunculan.
7 Tips menjaga rambut agar tetap sehat meski berhijab

Selain itu, jangan membiasakan pula untuk mengikat rambut dalam kondisi basah.

2. Menyisir rambut dengan rajin
Hal yang satu ini perlu dilakukan supaya rambut tidak menjadi kusut dan susah diatur. Rambut tentu akan menjadi lebih rapi setelah disisir. Selain itu, rambut juga akan lebih kuat dan tak mudah rontok.

3. Pilih bahan hijab
Pilihan hijab selain dari warna, model dan corak tentu yang tak kalah penting adalah kenyamanan banhannya. Ini adalah salah satu faktor kenapa wanita bisa betah berlama-lama memakai hijab (tidak ingin berganti-ganti karena panas, licin, dan lain sebagainya). Salah satu kriteria bahan yang dimaksud disini adalah bahan yang mudah menyerap keringat.

4. Rajin Keramas
Lakukanlah keramas dan perawatan rambut secara rutin. Pilihlah jenis shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut. Misalnya dengan merutinkan 2 hari sekali keramas baik dilakukan sendiri maupun pergi ke salon. Bila perlu lakukan creambath selepasnya. Meski berhijab, rambut akan tetap wangi, bersih dan kulit kepala bebas dari ketombe.

5. Atur ikatan rambut
Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Hal yang dikhawatirkan adalah rambut akan jadi bergelombang dan bercabang lalu ujungnya adalah rambut mudah patah.

6. Pakai vitamin rambut
Sudah banyak beredar di pasaran beragam jenis vitamin rambut. Pilih sesuai kebutuhan, dan fragrance yang disuka.

7. Konsumsi makanan bergizi
Selain perawatan dari luar, asupan dari dalam pun perlu dilakukan. Yaitu dengan memilih jenis makanan yang bergizi bagi kesehatan  rambut dan kulit kepala. Asupan yang mengandung asam amino, zat besi, dan protein adalah nutrisi yang menunjang hal ini.

No comments:

Post a Comment