Saturday, October 13, 2018

Bagaimana tips memilih jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma?

Tips memilih jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma

Dalam program kehamilan selain kondisi kesehatan calon ibu yang dilakukan pengecekan juga berlaku pemeriksaan bagi si suami atau calon ayah agar masing-masing diketahui kondisi aktual kesehatannya. 

Bagaimanakah kualitas sperma yang baik?
Kualitas sperma yang baik itu ditentukan oleh :
  • Jumlah. Seorang pria bisa dikatakan mempunyai kualitas sperma yang baik bila berjumlah setidaknya 15 juta/ml setiap kali ejakulasi. 
  • Pergerakan. Pada dasarnya sperma yang baik itu mampu berenang dengan bagus di saluran reproduksi perempuan (motilitas). Paling tidak, 40 persen dari jumlah sperma harus bisa bergerak cepat dan juga lurus. 
  • Bentuk .Adapun bentuk sperma yang baik itu adalah yang memiliki bentuk dari kepala yang lonjong serta ekor yang panjang.
1. Makanan pembunuh sperma
Terkait hal tersebut, khususunya untuk pria berikut kita ulas jenis-jenis makanan dan minuman yang memiliki efek tak baik bagi sperma yang perlu kita ketahui :

1. Bermacam-macam jenis daging olahan, contohnya sosis dan sejenisnya
2. Minuman beralkohol
3. Jeroan
4. Makanan kaleng
5. Makanan yang tinggi gula

2. Makanan yang meningkatkan kualitas sperma
Sedangkan untuk makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma pria antara lain:
  • Bayam. Seperti kita ketahui bayam adalah termasuk keluarga dari sayuran hijau yang didalamnya mengandung banyak asam folat. Hal ini ternyata berpengaruh terhadap bentuk sperma yang jadi lebih baik.
  • Telur. Bahan makanan ini banyak mengandung vitamin E dan protein yang dapat melindungi sperma dari efek buruk radikal bebas. Kandungan gizi pada telur berdampak baik pada pergerakan sperma.
  • Pisang. Buah yang satu ini memiliki kandungan anti radang alami sehingga mampu meningkatkan pergerakan dan juga jumlah sperma. Testis juga akan menghasilkan sperma yang sehat karena mendapat asupan vitamin A, B1 dan C yang terdapat pada buah ini.
  • Semangka. Buah ini memiliki seuah kandungan antioksidan yang disebut dengan likopen. Selain sebagai anti radikal bebas pada tubuh, dengan mengonsumsi 1 potong semangka tiap harinya juga dipercaya meningkatkan jumlah sperma sehat sampai 37 persen.
  • Bawang putih. Khasiat yang didapat melalui bahan makanan ini adalah adanya selenium dan vitamin B. Efek yang didapat adalah mengembalikan fungsi pembuluh arah yang mana aliran darah ke seluruh tubuh termasuk testis menjadi lancar.
Jadi, cukup jelas ya bahwa jenis makanan tersebut diataslah yang perlu dikonsumsi secara rutin dan teratur oleh tiap pria yang menginginkan kualitas sperma yang baik. Kelak kualitas sperma turut memberikan peran pada tingkat keberhasilan seseorang dalam memiliki momongan.

Selain jenis makanan tadi, ada diet juga yang layak dicoba oleh pria yang ingin mendapatkan kualitas sperma yang baik. Cobalah untuk mengonsumsi sekitar 2 genggam campuran kacang kenari, almond dan hezelnut tiap hari selama 2 minggu. Dengan ini diharapkan jumlah, pergerakan dan bentuk sperma akan membaik. Hal ini karena dari 3 jenis kacang-kacangan tadi mengandung asam lemak omega , antioksidan dan juga vitamin B. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment