Friday, October 12, 2018

Bagaimana panduan bijak memberikan ASI sesuai kapasitas lambung bayi?

Panduan bijak cara memberikan ASI sesuai kapasitas lambung bayi
Saat bayi menangis biasanya kita mengira dia lapar. Namun, bisa saja sesungguhnya si bayi ingin digendong ibunya. Jika termyata ibunya menggendong dan mengayun-ayunkannya dan si bayi ini tenang maka itu artinya dia tak perlu untuk diberikan susu.

Jadi, kebanykan minum pun sebenarnya tak selalu baik bagi si bayi itu sendiri karena bisa berujung pada bayi yang akan muntah-muntah bahkan lebih jauhnya obesitas.

Sebagai acuan, berikut kita ulas tentang seberapa besar dari kapasitas lambung si bayi:

Panduan bijak cara memberikan ASI sesuai kapasitas lambung bayi

- Usia 1 hari
Bayi yang masih dalam usia 24 jam atau kurang lebih 1 hari sesungguhnya tak memerlukan banyak makanan bagi tubuhnya. Ia hanya memerlukan 5-7 ml per 2 sampai 3 jam. Dengan kondisi ini sebenarnya bisa dianalogikan bahwa kapasitas lambung bayi di usia tersebut masih berukuran sebesar buah chery. Kondisi ibu di periode masih dalam proses beradaptasi dengan si bayi sehingga ibu tak perlu khawatir dan terburu-buru dalam memberikan ASInya.

- Usia 3 hari
Pada periode ini lambung bayi sudah sedikit lebih membesar. Kalau di ibaratkan ukurannya sudah menyerupai buah kenari dan kebutuhan susunya sudah mencapai 3 kali lipat dibandingkan dengan saat masih berusia 1 hari yaitu 22 hingga 27 ml tiap-tiap 2 sampai 3 jam.

- Usia 1 minggu
 Pada usia ini kuantitas makan (menyusu) bayi akan cenderung jauh lebih meningkat hingga mencapai 45-60 ml per 2-3jam. Jika dianalogikan maka ukurannya sesuai dengan buah aprikot

- Usia 1 bulan
Manginjak 1 bulan maka ibu sudah mulai jauh terbiasa dan bisa beradaptasi lebih dengan proses menyusui.  Ukuran lambungnya bisa dianalogikan sebesar telur ayam. Tingkat kebutuhan ASI nya masih naik dari periode sebelumnya yaitu sekitar 80-150 ml per 2-3 jamnya.

- Usia 2 bulan
Saat usia bayi sudah mencapai 2 bulan maka kebutuhan akan ASI nya kian meningkat. Karena memang ukuran lambungnya juga sudah sebesar buah manggis. Dari ukurannya, kapasitas lambung bayi ini mencapai 150-180 ml per 3-4 jam nih.

- Usia 3 bulan
Pada periode ini, kebutuhan ASI bayi sudah relatif stabil dibanding period sebelumnya. Kapasitas lambung bayi seukuran buah jeruk atau 120-180 tiap 3-4 jam.

- Usia 6 bulan
Bayi sudah mulai banyak  aktivitasnya. Ia pun sudah mulai siap untuk menerima MPASI. Kapasitas lambung bayi di usia ini sekitar 180-230 ml tiap 4 hingga 5 jam. Ukuran tersebut sudah bisa dianalogikan seukuran dengan buah apel merah.

Dengan penjelasan tersebut semoga para busui bisa lebih paham dan bijak saat memberikan ASI nya kepada bayinya.

No comments:

Post a Comment