Sunday, October 7, 2018

Bagaimana cara praktis menghitung usia kehamilan yang benar?

Cara praktis menghitung usia kehamilan yang benar

Kehamilan adalah sesuatu hal yang membahagiakan bagi pasangan suami istri dan keluarga kedua belah pihak. Hal ini merupakan salah satu tahapan yang ditunggu-tunggu. Tak heran bila saat waktunya tiba banyam yang bertanya, sudah berapa bulan hamilnya?  Nah, berikut adalah cara mengetahui usia kandungan ibu hamil.

Seperti kita ketahui bahwa usia kehamilan adalah 40 weeks atau sekitar 280 hari. Cara menghitungnya dimulai dari hari pertama dari terakhir haid. Kalau masyarkat awam menanyakan hamilnya berapa bulan? Maka untuk dokter maupun bidan akan lebih menjelaskan menggunakan satuan minggu atau week agar akurasinya lebih tepat.
Jadi, jika melihat kondisi seperti yang tertera pada gambar diatas jangan pada bingung ya atau bahkan berpikir negatif duluan, berikut penjelasan cara hitungannya berdasarkan contoh kasus untuk mempermudah pemahaman :

- Hari pertama haid terakhir (HPHT) : 11 mei 2018
- Menikah : 18 mei 2018

Ternyata setelah tanggal 11 juni 2018 tidak mendapatkan datang bulan dan setelah mencoba tes kehamilan (test pack) menunjukan positif hamil.

Maka, dihitung dari HPHT nya kehamilan sudah berusia 4 minggu meskipun usia pernikahan baru 3 minggu. Jadi, untuk menghitung usia kehamilan memang mengacu pada HPHT tadi meskipun terjadinya sebelum menikah. Ini yang akan dijadikan patokan usia kehamilan dan kelahiran kelak.

Jadi, mudah bukan cara menghitungnya? Ibu hamil bisa menghitungnya sendiri dirumah dan mempersiapkan proses kelahiran bayinya dengan lebih dini. Dengan pemahaman semacam ini semoga akan membantu kita supaya tidak mudah untuk menjudge kehamilan orang atau bahkan berpikir negatif tentangnya.

No comments:

Post a Comment