Friday, October 5, 2018

Bagaimana tips agar lolos tes CPNS?

5 Tips cara agar lolos tes cpns

Menjadi PNS atau pegawai negeri sipil atau sekarang lebih dikenal sebagai  ASN masih menjadi primadona bagi sebagian orang di indonesia. Contoh alasan yang sering disebutkan kenapa ingin menjadi PNS adalah karena alasan akan menjadi calon menantu idaman mertua, atau alasan adanya dana pensiun ataupun ingin mengabdi pada negara. Apapun alasannya, untuk menjadi PNS perlulah berjuang agar bisa beruntung terpilih karena saingannya dari mana saja dan jumlahnya bisa mencapai ribuan orang yang sama-sama mengupayakannya.

Untuk membantu teman-teman yang ingin berjuang dalam tes ini, berikut adalah beberapa trik dan tips agar kita bisa lolos tes CPNS:

1. Daftar sesuai kriteria yang telah ditentukan
Banyak jenis,  penempatan (berbagai kota) serta posisi dari lowongan CPNS. Pilih dan pastikanlah bahwa kriteria yang dibutuhkan adalah sesuai dengan kualifikasi kita. Misalnya, saja ada sebuah lowongan untuk posisi staf analis di kementrian perhubungan yang mempersyaratkan untuk lulusan S1 dari jurusan teknik elektro, teknik sipil dan teknik industri. Jika melihat case semacam ini maka cukup jelas bahwa bagi kita yang lulusan teknik informatika tak perlu mencoba untuk mendaftarnya. Atau case lain jika kita lulusan dari jurusan teknik elektro namun kita dari D3 maka tak perlulah mencoba untuk mendaftarnya. Karena itu semua hanya akan sia-sia.

Hal lain juga berlaku untuk item persyaratan semacam jenis kelamin, usia, standard nilai atau IPK, akreditasi, dan lain-lain.

2. Lengkapi persyaratan yang diminta
Jika semua kualifikasi telah terpenuhi maka rasanya sudah 1 tahapan telah dilewati. Fokus selanjutnya adalah untuk memenuhi setiap persyaratannya. Kirimkan persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis file dan ukuran file yang ditentukan. Tak perlu menambahkan file-file yang tak diminta atau tak berhubungan. Jangan pula meninggalkan 1 jenis dokumen untuk dikirimkan.

3. Pelajari jenis dan tipe soal cpns
Persiapan selanjutnya adalah belajar. Media belajar ini difokuskan pada jenis-jenis dari soal cpns yang umumnya keluar. Fokuslah pada hal tersebut. Sering coba dan ulangilah soal-soal tersebut sampai kita hafal (yang perlu dihafalkan) dan paham polanya. Untuk mendapatkan contoh soal cpns bisa didapatkan dari buku-buku khusus tes cpns yang banyak dijual di toko-toko buku maupun soal-soal yang banyak bertebaran di Internet. Contoh soalnya biasanya berupa tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU),  dan tes karakteristik pribadi (TKP).

4. Datang tes lebih awal
Saat hari pelaksanaan tes itu tiba maka siapkanlah fisik dan mental sebaik-baiknya. Jaga kebugaran fisik  dan jangan terlalu kelelahan sehingga kita bisa maksimal dalan menjalankan tesnya. Jika memang rumah kita berjarak jauh, bila perlu malamnya kita sudah berada dekat di area tes tersebut. Lebih baik bila tempat tinggal di malam tersebut nyaman agar esok pagi saat bangun kita akan lebih bugar. Boleh lah, tinggal di hotel terdekat di malam tersebut bila memungkinkan.

5. Berdoa untuk hasil yang terbaik
Perbanyaklah berdoa dan melakukan ibadah tambahan. Mohon pada Yang Maha Kuasa agar segala yang sedang diupayakan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik dan diterima (lolos). Lakukan doa sebelum dan sesudah tes, dan terus berdoa sampai pengumuman kelulusan itu tiba. Jangan lupa untuk minta doa orang tua ya.

Demikian tips agar kita bisa lolos tes cpns. Ini hanya tips yang tentunya mesti diupayakan agar bisa tercapai. Semua tergantung kesungguhan usaha, kekuatan doa, dan kuasa tuhan tentunya. Semoga beruntung!

No comments:

Post a Comment